Tujuan
pembangunan kesehatan adalah tercapainya kemampuan untuk hidup sehat
bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat
yang optimal, sehingga peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang baik
dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat harus di upayakan.
Meningkatnya
pendidikan dan social ekonomi masyarakat menuntut perubahan pelayanan
kesehatan yang lebih baik, lebih ramah dan lebih bermutu. Dengan semakin
meningkatnya tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan maka fungsi
pelayanan kesehatan termasuk pelayanan dalam rumah sakit secara bertahap
perlu terus ditingkatkan agar menjadi lebih efektif, efisien serta
memberikan kepuasan terhadap pasien, keluarga maupun masyarakat dengan
tetap mengedepankan keselamatan pasien.
Guna
mencapai hal itu RS PKU Muhammadiyah telah mencanangkan serta
melaksanakan program peningkatan mutu dan keselamatan pasien. Program-
program PMKP tersebut diantaranya adalah pelatihan tentang keselamatan
pasien untuk seluruh staf serta penilaian terhadap indicator – indicator
pelayanan yang ada di rumah sakit.
RS
PKU Muhammadiyah Surakarta telah menetapakan 103 indikator mutu
pelayanan yang akan dinilai serta dianalisis disetiap 3 bulan. Capaian
hasil indicator ini dilakukan evaluasi dan tindak lanjut perbaikannya
untuk meningkatkan mutu pelayanan dengan tetap mengedepankan keselamatan
pasien.
Indikator – indicator mutu pelayanan yang telah ditetapkan di RS PKU Muhammadiyah terdiri dari 4 area yaitu :
- Area Klinis, yang meliputi :
- Asesmen pasien
- Pelayanan Laboratorium
- Pelayanan Radiologi dan Diagnostic Imaging
- Prosedur Bedah
- Penggunaan antibiotic dan obat lainnya
- Kesalahan medikasi dan Kejadian Nyaris Cidera
- Penggunaan Anasthesi dan sedasi
- Penggunaan darah dan produk darah
- Ketersediaan, isi dan penggunaan rekam medis pasien
- Pencegahan dan pengendalian infeksi, surveilans dan pelaporan
- Area Manajemen, yang meliputi :
- Pengadaan rutin peralatan kesehatan dan obat penting untuk memenuhi kebutuhan pasien
- Pelaporan aktivitas yang diwajibkan oleh peraturan perundang – undangan
- Manajemen risiko
- Manejemen penggunaan sumber daya
- Harapan dan kepuasan pasien dan keluarga
- Harapan dan kepuasan staf
- Demografi pasien dan diagnosis klinis
- Manajemen keuangan
- Pencegahan dan pengendalian dari kejadian yang dapat menimbulkan masalah bagi keselamatan pasien, keluarga dan staf
- Area Keselamatan Pasien, yang meliputi :
- Ketepatan identifikasi pasien
- Peningkatan komunikasi yang efektif
- Peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai
- Kepastian tepat – lokasi, tepat – prosedur, tepat – pasien operasi
- Pengurangan resiko infeksi terkait pelayanan kesehatan
- Pengurangan resiko pasien jatuh
- Area MDGs, yang meliputi :
- Ponek
- TB DOTS
Dari masing – masing area tersebut mempunyai beberapa indikator mutu
yang akan selalu dimonitor dan dievaluasi untuk meningkatkan mutu
pelayanan dirumah sakit sehingga tuntutan masyarakat akan pelayanan yang
lebih baik, aman dan nyaman akan bisa terpenuhi.
RS
PKU Muhammadiyah Surakarta adalah rumah sakit yang maju berbasis
AKREDITASI KARS sehingga upaya untuk meningkatkan mutu serta keselamatan
pasien akan selalu diupayakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar